Memeriksa Blog di Indeks Google

1.       Memeriksa Blog di Indeks Google
Bagaimana Cara Agar Blog Muncul Di Google? Jawabannya adalah dengan cara memasukan blog ke search engine google atau istilahnya proses indeksing/submit blog di webmaster tool yang dimiliki google. Proses ini berdampak besar pada perkembangan blog kita agar bisa menampilkan blog  di google pada halaman pertama pencarian google dan sukur-sukur blog muncul di google paling atas.

*Jangan lanjutkan untuk Membaca Tutorial ini bila belum membaca Materi Modul 1

·         Cara Cek Blog Sudah Terindeks Google atau Belum?

Sebelum anda memulai proses indeksing blog di google, anda harus cek dahulu apakah blog anda sudah terindeks google atau belum. Adaupun cara mencari blog kita di google adalah dengan cara berikut :

1.       Buka mesin pencari Google www.google.com
2.       Ketik operator site di kolom pencarian seperti ini “site:link blog anda” (tanpa tanda kutip) contoh : site:http://bloggerimers.blogspot.co.id/
3.       Klik search
4.       Bila tampilan seperti gambar dibawah ini :



Berarti blog anda belum terindeks google . Nah, kenapa blog saya tidak muncul di pencarian google .Itulah perlunya kita melakukan proses indeksing secara manual di google. Caranya tidak begitu sulit bila kita mengetahuinya. Berikut saya akan jelaskan secara lengkap.

·         Cara Mudah Agar Blog Terindeks Google
Baik Teman-teman kita akan langsung mempraktekan proses indeksing blog yang kita miliki ke dalam indeks googel, yang pertama :

1.       Buka situs Google Webmaster Tool atau Google Search Console di www.google.com/webmasters , seperti pada gambar tampilan dibawah ini


2.       Silahkan login dengan akun Google yang anda miliki


3.       Bila sudah masuk, silahkan anda masukan link blog anda di kolom Add A Property.  Bila sudah selesai klik Add A Property .Tampilannya sebagai berikut


4.       Setelah selesai anda harus memverifikasi blog yang akan di indeks tersebut
a.       Pilih Alternatif Methods
b.       Dan pilih HTML Tag
c.       Akan muncul kode verifikasi yang akan kita pasang/coas di blog kita, sebagai kode verifikasi blog yang kita miliki, seperti gambar dibawah ini :



5.       Buka halaman Dasboard Blogger kita dan klik menu tema dan pilih menu edit HTML, kemudian tempatkan kode verifikasi yang kita dapatkan dari google webmaster di kotak editor HTML dan letakan kode verifikasi dibawah kode sesudah kode <head> atau sebelum kode <body> yang pertama (pilih salah satunya).

6.       Buka halaman google webmaster tool lagi, dan klik Verify yang paling bawah



7.       Selamat blog anda sudah terindek oleh google dan anda sudah melewati tahap ini dengan baik. Di halaman webmaster tersebut juga nantinya kita indeks setiap postingan yang kita publish di blog kita :



8.       Daftarkan blog dengan beberapa versi (www dan non-www) dengan beberapa domain, contoh :


Setelah proses indeks, selanjutnya kita mensubmit Peta Situs blog yang kita miliki.

Materi Selanjtnya : Cara Membuat dan Mengirim Sitemap Blog Di Google WebmasterTool

Disusun oleh :

Rian Sahrudin

www.pondokimers.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat dan Mengirim Sitemap Blog Di Google Webmaster Tool

Fungsi Blogger

BEBERAPA FAKTA MENARIK TENTANG BLOGGING