Cara Membuat dan Mengirim Sitemap Blog Di Google Webmaster Tool

Seperti yang pernah dijanjikan kemarin di Artikel sebelumny MemeriksaBlog di Indeks Google. Saat ini kita akan membuat dan mengirim sitemap biasa kita sebut juga dengan peta situs / blog ke Google Webmaster Tool atau Google Search Console.

*Jangan lanjutkan untuk Membaca Tutorial ini bila belum membaca Materi Modul 1

Sitemap adalah file tempat Anda dapat mencantumkan halaman web situs Anda untuk memberi tahu Google dan mesin telusur lain tentang organisasi konten situs. Perayap web mesin telusur seperti Googlebot membaca file ini untuk merayapi situs dengan lebih cerdas.

Perlu diketahui Menggunakan peta situs tidak menjamin bahwa semua item di peta situs Anda akan dirayapi dan diindeks. Pasalnya, proses Google bergantung pada algoritme yang rumit untuk menjadwalkan perayapan. Namun, dalam banyak kasus, situs Anda akan mendapatkan keuntungan dengan adanya peta situs dan tidak ada ruginya untuk memiliki satu peta situs.

Apakah Sitemap diperlukan ?


Jika halaman situs ditautkan dengan benar, perayap web kami selalu dapat menemukan sebagian besar situs Anda. Meski demikian, peta situs dapat meningkatkan perayapan di situs Anda, terutama jika situs memenuhi salah satu kriteria berikut:
  1. Situs Anda benar-benar besar. Akibatnya, semakin besar kemungkinan perayap web Google melewatkan merayapi beberapa halaman yang baru saja diperbarui atau baru.
  2. Situs Anda berisi arsip halaman konten yang besar yang terisolasi atau tidak ditautkan satu sama lain dengan baik. Jika halaman situs satu sama lain tidak merujuk secara alami, Anda dapat mencantumkannya di peta situs untuk memastikan bahwa Google tidak melewatkan beberapa halaman Anda.
  3. Situs Anda masih baru dan memiliki beberapa tautan eksternal yang mengarah ke situs tersebut. Googlebot dan perayap web lainnya merayapi web dengan mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Akibatnya, Google mungkin tidak menemukan halaman Anda jika tidak ada situs lain yang menaut ke halaman tersebut.
  4. Situs Anda menggunakan konten media yang kaya, ditampilkan di Google Berita, atau menggunakan anotasi lain yang kompatibel dengan peta situs. Google dapat mengambil informasi tambahan dari peta situs untuk membantu dalam penelusuran, jika sesuai.

Kita akan mempraktekan cara membuat Sitemap tdan mengirimkannya ke Indeks Google tersebut.

1. Buka Halaman www.google.com/webmaster login dengan akun gmail yang telah mendaftarkan property blog di Google Search Console kemarin.



2. Pilih property seperti gambar dibawah ini


3. Pilih menu sitemap seperti gambar dibawah ini


4. Silahkan tambahkan robots.txt di belakang url Blog anda, kemudian akan muncul tulisan seperti pada gambar dibawah ini. Copy bagian yang diberi tanda pada gambar


5. Klik Add/Test Sitemap, kemudian paste di kolom ini


6. Klik Submit

7. Selesai

8. Lakukan hal ini ke 4 Property yang kita buat di materi MemeriksaBlog di Indeks Google

Demikian Cara Membuat dan Mengirim Sitemap Blog Di Google Webmaster Tool sampai jumpa di materi selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi Blogger

BEBERAPA FAKTA MENARIK TENTANG BLOGGING